Minggu, 02 Februari 2020

Pengolahan Limbah Plastik


Zero Waste adalah salah satu program pengelolaan sampah, dari memilih, memilah dan mengolahnya kembali menjadi produk yang lebih bermanfaat.

Kita sama-sama mengetahui, bahwa masalah sampah menjadi masalah global. Semua pihak dilibatkan untuk ikut serta dalam program pengelolaan sampah, baik itu sampah organik maupun sampah non organik.


Salah satu upaya dalam pengelolaan sampah ini adalah memasukkan pengolahan sampah ke dalam kompetensi dasar mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, khususnya bidang kerajinan.

Saya sebagai salah satu guru pengampu mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan khusus Kerajinan Putri, memasukkan Pengolahan Limbah ke dalam kompetisi dasar, selain sebagai proses pembelajaran juga bertujuan mendukung dan mensukseskan program Zero Waste di SMA Negeri 8 Mataram.


Dalam hal ini, saya membatasi pengolahan untuk limbah plastik, karena sampah plastik lama terurai dan jumlahnya lebih banyak.

Tujuan dari kompetensi pengolahan limbah adalah diharapkan peserta didik mampu mengolah limbah plastik menjadi barang yang lebih bermanfaat dan memiliki daya jual. 

Selain itu, diharapkan peserta didik memiliki kemampuan dan karakter untuk menjaga lingkungan dari sampah yang merugikan.

Sumber belajar saya menggunakan buku paket Prakarya dan Kewirausahaan, media internet dan sumber lain yang relevan.


Melalui program Zero Waste ini, diharapkan kepada seluruh warga sekolah agar mampu memilih dan memilah sampah sesuai dengan kategori organik, non organik dan bahan beracun dan berbahaya. Selain itu diharapkan untuk bisa mengurangi penggunaan kemasan dari bahan non organik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar